Wednesday, December 31, 2008

BASIS 2008

nb: Ultra Jaya dan Sari Roti bukan termasuk sponsor, hehe
BASIS : Bakti Sosial in Tesis

BASIS ini diselenggarakan oleh SMAN 8 Jakarta. Jadi, kita berbakti sosial sekalian anak 2010nya Tesis (Temu Sosial Ilmiah). BASIS ini dilaksanain di Desa Tambak Mekar, Subang, Jawa Barat pada tanggal 27 - 28 Desember 2008 lalu. Panitianya ada dari 2010 dan 2011. Gue termasuk panitia 2011nya dan gue adalah PJ sie. Pubdok. Hehe. Kan sekalian liburan. Kerjanya dokumentasi, foto2 aja ;p

Hari pertama jadwalnya adalah bagi2 sepatu gratis yang disponsori oleh Tomkins. Sistemnya pake kupon gitu. Sebelumnya, panitia udah ngasih kuponnya ke Kades dan beliau yang membagikan kupon itu per RT. Jadi yang dapet kupon bisa langsung datang ke tempat BASIS dan menukarnya dengan sepatu. Setelah acara pembukaan pembagian sepatu, para warga diarahkan ke tempat penukaran sepatu berdasarkan nomor sepatunya. Sebelumnya panitia juga udah mendata ukuran sepatu para warga yang akan dibagikan sepatu.

Panitia 2011nya juga bagi2 makanan, susu, dan baju gratis ke anak2 sekitar. Kebanyakan anak2 itu adalah yang ga dapet kupon untuk sepatu, maupun sembako. Jadi kita seneng2 bareng aja. Seneng rasanya berbagi kebahagiaan sm warga di sana (serius, ga lebay). Mereka juga seneng difoto2. Gue juga sempet main sama mereka (perosotan, puter2an).

Hari kedua jadwalnya adalah bagi2 sembako gratis dan pengobatan gratis. Pagi2, panitia 2011nya dateng ke lokasi dan mulai nyiap2in jalur untuk sembako. Lalu setelah acara pembukaan, sekitar pukul setengah 8, pembagian sembako dimulai. Sembako yang seberat 8 kg itu dibagikan kepada warga yang sebagian besar adalah lansia. Mereka ga selemah yang kita kira loh! Pembagian sembako dan pengobatan gratis juga menggunakan sistem kupon. Ga lama setelah itu, ada briefing dari dokter alumni SMAN 8 kepada para panitianya untuk menjelaskan teknis kerjanya saat pengobatan gratis. Ada yang jaga di depan GOR untuk registrasi masuk, ada yang tugas melakukan tensi darah pada warga, ada yang registrasi obat (gue kerja disini), dan ada yang tugas mencari obat, menakar obat, mem-packing obat, dan mengantarkannya kepada warga.

Setelah acara selesai, para panitia berfoto bersama lalu mengadakan evaluasi kerja pra-pelaksanaan dan saat pelaksanaan. Lalu kami dikoreksi oleh PO SMAN 8.

Menurut gue, BASIS adalah suatu ajang yang bagus untuk membiasakan para remaja seperti gue untuk peduli terhadap sesama khususnya warga yang membutuhkan. Berbagi apa yang kita miliki lebih kepada yang kekurangan, dimana hal itu menimbulkan kebanggaan dan kebahagiaan terhadap orang lain dan diri sendiri nantinya. Selain itu juga melatih kerja sama dan sistem kerja dalam suatu organisasi. Dan selama kita mengerjakan hal itu, kita juga mikirin perasaan orang lain.

Gue ga nyesel ikut BASIS. :)


No comments: